PONDOK PESANTREN ABU BAKR ASH-SHIDDIIQ AL ISLAMI

Pondok Pesantren Abu Bakr Ash-Shiddiiq Al-Islami
---upaya mentarbiyah umat menjadi muslim ta'at---


JALAN KELUAR DARI KESEMPITAN DAN KEGUNDAHAN DALAM DADA
Oleh Asy-Syaikh 'Abdul 'Aziz Alu Syaikh



PERTANYAAN 

Aku mendapati kesempitan dalam dadaku dan kegundahan menyelemutiku, apa jalan kekuar dari hal tersebut? Apa nasihatmu untukku wahai Syaikh?

JAWABAN

Nabi pernah bersabda: 
‘YA ALLAH AKU BERLINDUNG KEPADAMU DARI KEGUNDAHAN DAN KESEDIHAN-
اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ’ 


Wahai  saudaraku. Jika engkau mendapati kegundahan dan kesedihan maka kembalilah pada Allah, Mintalah kepada-Nya  keutamaan dan kemuliaan, perbanyaklah berdzikir.

Allah berfirman “orang-orang yang beriman adalah orang-orang yang hatinya tentram dengan berdzikir, ketahuilah bahwa hanya dengan berdzikir (mengingat Allah) hati menjadi tentram/tenang- الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ


Jika engkau kembali kepada Allah, istiqomah untuk mentaati  Allah dan tilawatil qur’an serta sholat 5 waktu maka Gundah dan sedih akan pergi darimu. 

Allah berfirman:
 “mintalah pertolongan kepada Allah degan sabar dan sholat, dan sesungguhnya yang demikian sangat berat  kecuali bagi oranng-orang yang khusyu’
- وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ” 

maknanya adalah mintalah pertolongan dalam segala urusan agama dan duniamu dengan cara menegakkan sholat. Sholat adalah penolong yang baik bagi seorang hamba dari segala kesusahan.


Rasulullah bersabda  :
’istirahatkanlah kami dengan sholat wahai Bilaal- أَرِحْنَا يَا بِلَالُ بِالصَّلَاةِ’     
    
  أَرِحْنَا بِالصَّلَاةِ Beliau menjadikan sholat sebagai istirahat(melepas kelelahan) dan penyejuk mata.

Dada beliau  menjadi lapang dengan mengerjakan sholat.

Wahai  saudaraku, hendaklah engkau senantiasa dalam ketakwaan kepada Allah, tegakkanlah sholat wajib 5 waktu tepat pada waktunya, menjalankan sholat witir,  dan sholat rowatib  yang ditegakkan setelah sholat wajib, banyak berdzikir, serahkanlah urusanmu pada Allah, mengadulah pada Allah saja, jangan mengadu pada selain Allah, berharaplah kepada Allah agar dibukakan jalan keluar atas kegundahanmu dan  diangkat kesedihanmu, dilunasi hutangmu hingga sirnalah kegundahan dan kesedihanmu.




diterjemahkan oleh @ admin
(Sumber:http://mufti.af.org.sa/node/3613)

Categories: