PONDOK PESANTREN ABU BAKR ASH-SHIDDIIQ AL ISLAMI

Pondok Pesantren Abu Bakr Ash-Shiddiiq Al-Islami
---upaya mentarbiyah umat menjadi muslim ta'at---




FATWA SEPUTAR SHOLAT

OLEH ASY-SYAIKH MUHAMMAD BIN HADI AL MADHKHOLY HAFIZHAHULLAHU TA’ALA




1.      DIBOLEHKAN MEMBACA TASBIH DAN ISTIGHFAR SETELAH MEMBACA  SURAT AN NASHR AYAT KE 3 DAN BERSHOLAWAT- SHOLLUU ALAIHI WASALLIMU TASLIIMA- KETIKA MEMBACA SURAT AL AHZAB AYAT 56



           Pertanyaan:
Apakah disyariatkan ditengah -tengah sholat untuk membaca tasbih yakni setelah membaca bacaan ayat "fasabbih bihamdi robbika",  dan demikian pula mengucapkan istighfar , dan sholawat atas nabi setelah membaca ayat  "sholluu alaihi wasallimu tasliima"?



Jawab:
Jika  perbuatan ini dilakukan ketika melakukan sholat lail /qiyamul lail atau ketika sholat sunnah maka tidak mengapa.  Adapun apabila dilakukan dalam sholat wajib yang dilakukan sendirian maka tidak akan membahayakn dia in sya Allaah.



Adapun jika dilakukan ketika dia sholat bersama manusia sebagai imam , maka jangan memperpanjang sholat mereka dengan hal  yang seperti ini. Wajib baginya untuk berdzikir dengan ringan , adapun bila tidak sama sekali maka itupun tidak mengapa.



Telah tetap dari Nabi shallallaahu alaihi wasallam ketika beliau sholat lail, ketika membaca firman Allah Taala  "fasabbih bi hamdi robbika wastaghfir" beliau mentakwilnya dalam sujud beliau, yakni sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Aisyah, setelah  turun surat 'Idzaa ja a nasrullahi wal fath' sampai akhir surat ini, Beliau shallallaahu alaihi sallam sering membaca Subhaanakallaahumma robbanaa wa bihamdika  allaahummaghfirlii. Karena Allah Azza wa jalla berfirman "Fasabbih bihamdi robbika wastaghfir innahu kaana tawwaaba." Maka beliau shallallaahu alaihi wasallam berdoa "Subhaanakallaahumma wa bihamdika allaahummaghfirlii" Maka beliau menakwilkan Al Qur'an.



Tidak apa apa jika dilakukan yang seperti itu,demikian pula dengan shalawat atas nabi shallallaahu alaihi wasallam jika imam yang memimpin sholat membaca ayat dalam surat Al Ahzab "innallaaha wa malaaikatahu yusholluuna 'alan nabi". Jika engkau membaca sholawat atas nabi dengan suara pelan maka itu tidak mengapa. Dan apabila kamu mengucapkan sholawat secara cepat dan pelan maka itu pun tak mengapa.Hal seperti ini tidak menyulitkan manusia in sya Allah.


Diterjemahkan oleh @admin ashshiddiiq


Sumber

http://ar.miraath.net/fatwah/12293




                                                             Akhir Waktu Sholat Witir

      OLEH ASY-SYAIKH SHOLIH AL FAUZAN HAFIZHAHULLAHU TA’ALA

Pertanyaan:
Kapan waktu sholat witir berakhir ?

Jawaban:
Sholat witir berakhir dengan terbitnya fajar. Witir dilakukan setelah sholat isya dan rowatib yang menyertainya serta berlangsung hingga terbitnya fajar. Ini adalah waktu sholat witir. Menegakkan witir pada akhir malam itu lebih utama daripada mengerjakan di awal waktu.

Diterjemahkan oleh @admin ashshiddiiq




(fatwa Asy-Syaikh Sholih Al Fauzan,  
Sumber
http://www.alfawzan.af.org.sa/node/16082 

Categories: