PONDOK PESANTREN ABU BAKR ASH-SHIDDIIQ AL ISLAMI

Pondok Pesantren Abu Bakr Ash-Shiddiiq Al-Islami
---upaya mentarbiyah umat menjadi muslim ta'at---

Thullabul Ilmi Yaman, [21.12.16 14:23]
🐽 📛 HARAM BAGI SEORANG MUSLIM UNTUK TURUT SERTA DI DALAM PERAYAAN-PERAYAAN ORANG KAFIR
~~~~~~~~~~~~~~~~~~


🌴 Al-Imam Al-'Allamah Abdul Aziz bin Baaz rohimahullah


       ******


🔖 Pertanyaan :


Sebagian kaum muslimin turut serta bersama orang-orang nashrani dalam perayaan-perayaan mereka, maka apa bimbingan anda tentang hal tersebut ?


🔑 Jawaban :


🚫 Tidak boleh bagi seorang muslim maupun muslimah turut serta bersama kaum Nashrani atau Yahudi atau orang-orang kafir yang lainnya dalam perayaan-perayaan mereka !!!


Bahkan yang wajib adalah meninggalkannya, karena barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dari kaum tersebut, sementara Rosulullah ﷺ telah memperingatkan kita dari menyerupai mereka dan berakhlak seperti akhlak mereka.


☝🏻️⚠️ Wajib atas seorang mukmin dan mukminah untuk waspada dari hal tersebut !!!


Tidak boleh bagi keduanya untuk memberi bantuan kepada mereka dalam bentuk apapun karena yang demikian itu adalah suatu perayaan yang menyelisihi syari'at !!! [1]


⚠️📛 Juga tidak boleh turut berpartisipasi dalam perayaan tersebut dan tolong-menolong bersama orang-orang yang merayakannya dan tidak boleh pula untuk memberikan bantuan kepada mereka apapun bentuknya walaupun itu berupa teh, kopi atau yang selainnya seperti perabot dapur dan yang semisalnya, karena Allah ﷻ telah berfirman:


{Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.} [QS. Al Maidah: 2]


Maka dari itu berpartisipasi bersama orang-orang kafir dalam perayaan mereka adalah termasuk bentuk dari tindakan saling tolong menolong atas dosa dan permusuhan.


📘( Majmu' fatawa, jilid 6 / hal.508 )


🔃 alih bahasa : Al-Ustadz Abu Abdillah Amr Blora (alumni Darul Hadits Al-Fiyusy)


________________
🐾 catatan kaki :


[1] termasuk sebuah kesalahan besar adalah apa yang sering dilakukan sebagian ormas-ormas Islam semisal Banser NU maupun GP Anshor dimana mereka sering turut serta melakukan perlindungan dan pengawalan dalam acara-acara perayaan natal maupun paskah yang dilakukan oleh kaum nasrani di gereja-gereja, yang demikian itu adalah suatu kesalahan yang fatal, dikarenakan urusan pengamanan kepada masing-masing individu kaum kafir adalah tanggungan dan urusan aparat pemerintahan, adapun melibatkan kaum muslimin secara keumuman baik secara individu maupun kekelompokan untuk turut melakukan penjagaan dalam acara-acara kekufuran mereka dengan penuh sukarela dan rasa cinta kasih serta menampakkan bentuk toleransi dan dukungan kepada mereka maka yang demikian itu adalah sebuah kesesatan.


Wallahu A'lam.


《》《》《》《》


🌴الشيخ عبدالعزيز بن باز رحمه الله🌴


🔖 الســـ🔰ــؤال


🚫 بعض المسلمين يشاركون النصارى في أعيادهم فما توجيهكم ؟


🔖 الجــ🔰ـــواب


🚫 لا يجوز للمسلم ولا المسلمة مشاركة النصارى أو اليهود أو غيرهم من الكفرة في أعيادهم بل يجب ترك ذلك؛ لأن من تشبه بقوم فهو منهم، والرسول عليه الصلاة والسلام حذرنا من مشابهتهم والتخلق بأخلاقهم.


📌 فعلى المؤمن وعلى المؤمنة الحذر من ذلك، ولا تجوز لهما المساعدة في ذلك بأي شيء، لأنها أعياد مخالفة للشرع.


📌 فلا يجوز الاشتراك فيها ولا التعاون مع أهلها ولا مساعدتهم بأي شيء لا بالشاي ولا بالقهوة ولا بغير ذلك كالأواني وغيرها، ولأن الله سبحانه يقول: وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ، فالمشاركة مع الكفرة في أعيادهم نوع من التعاون على الإثم والعدوان.


📘(مجموع فتاواه 6/ 508)


•┈┈┈💫💫💫┈┈┈•


📝 Forum : Thullabul Ilmi Yaman
---------------------
® +967771299181
🌐 Bbm : 7BC8BC38
📟 Telegram : @bltiy
http://bit.ly/thullabyaman
📋 [ artikel : II / 326 ]
🗓 Terbit : 21 / 3 / 1438 H

Categories: