PONDOK PESANTREN ABU BAKR ASH-SHIDDIIQ AL ISLAMI

Pondok Pesantren Abu Bakr Ash-Shiddiiq Al-Islami
---upaya mentarbiyah umat menjadi muslim ta'at---

BID'AH PERAYAAN MAULID NABI
oleh Asy-Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Utsman Adz-Dzamari hafizhahullah


 Pertanyaan :

Apa hukum perayaan maulid nabi ?

 Jawaban :

yang demikian itu telah diketahui oleh semua ulama bahwasanya itu adalah suatu kebid'ahan, dikarenakan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :

 "barangsiapa yang beramal dengan suatu amalan yang tidak ada perintahnya dari kami maka amalan tersebut tertolak "

dan beliau bersabda :

 "barangsiapa yang mengada-adakan suatu amalan dalam perkara agama kami ini yang tidak termasuk darinya maka amalan tersebut tertolak"

dan maknanya adalah barangsiapa yang beramal dengan suatu amalan yang mana syariat tidak datang dengannya, tidak di Al-Qur'an, tidak pula di As-Sunnah tidak pula dilakukan oleh para sahabat maka amalan tersebut dikembalikan kepada pelakukanya (tertolak) !

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam tidaklah melakukan perayaan tersebut bagi diri beliau sendiri dan Abu Bakar pun tidak melakukannya, tidak pula Umar tidak pula Utsman tidak pula Ali tidak pula para sahabat tidak juga Hasan dan Husein tidak juga keluarga nabi. 

perayaan tersebut muncul di abad keempat dari tahun hijriah yakni sekitar 400 tahun pasca wafatnya Nabi shalallahu alaihi wasallam, adalah kelompok sekte Ubaidiyyun (Syi'ah) mereka mengambil amalan tersebut dari kaum nasrani (perayaan natal).

maka yang demikian itu merupakan bid'ah yang telah dikenal, seandainya yang demikian itu adalah baik tentulah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam melakukannya bagi diri beliau sendiri, dan jikalau yang demikian itu adalah amalan yang disyariatkan tentulah Abu Bakar akan melakukannya untuk Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dikarenakan mereka (para sahabat) kecintaan mereka kepada rasulullah shalallahu alaihi wasallam adalah lebih besar dibanding kecintaan kita kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, dan kalau saja yang demikian itu merupakan perkara yang disyariatkan tentulah Umar melakukannya atau Utsman atau Ali atau mayoritas sahabat -radiallahu anhum- atau para keluarga nabi, dan mereka tidak melakukannya.
Maka yang demikian menunjukkan bahwa amalan tersebut tidaklah disyariatkan.

  transkrip

 السؤال :

ماحكم الإحتفال بالمولد النبوي ؟

 الجواب :

هذا معروف عند جميع العلماء أنّه بدعة ؛ لأنّ الرسول صلى الله عليه وسلم يقول « من عمل عملاً ليس عليه أمرنا فهو ردّ » ويقول « من أحدث في أمرنا هذا ماليس منه فهو ردّ »

والمعنى من عمل عملاً ما جاء به الشرع لا في القرآن ولا في السّنّة ولا فعله الصّحابة ؛ فهو مردود على صاحبه.

فالإحتفال لم يفعله الرسول صلى الله عليه وسلم لنفسه ،
 ولم يفعله أبو بكر ولا عمر ولا عثمان ولا علي ولا الصّحابة ولا الحسن ولا الحسين ، ولا آل البيت ؛

 جاء هذا الإحتفال في القرن الرابع الهجري بعد مايُقارب أربع مئة سنة من موت النبي -صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم- أخذه العبيديون من النّصارى ! 

فهذا بدعة معروفة ؛ لو كان خيراً لفعله الرسول صلى الله عليه وسلم لنفسه ولو كان مشروعاً لفعله أبو بكر لرسول الله صلى الله عليه وسلم لأنّهم كانوا يحبون الرسول أكثر من حبنا للرسول -صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم- ولو كان مشروعاً لفعله عمر أو لفعله عثمان أو لفعله علي أو لفعله كثير من الصحابة -رَضِيَ الله عَنْهُمْ- أو لفعله آل البيت ؛ وهذا لم يفعلوه دلّ على أنّه ليس بمشروع .

Sumber 
 http://olamayemen.com/Dars-9326


Categories: ,