TAKLID MERUPAKAN SEBAB TIMBULNYA RASA TA'ASSHUB / LOYALITAS/FANATIK BUTA
Al-Imam Al-'Allamah
Abdul Aziz bin Bazz Rahimahullah
“Setiap masing-masing pribadi hendaknya melihat kepada
amalan dirinya sendiri,
BUKAN TAKLID
!!
KARENA TAKLID ITU BERBAHAYA !!
TAKLID DAPAT MENYEBABKAN TIMBULNYA SIKAP TA'ASSHUB / LOYALITAS BUTA !!
Dan bisa jadi sikap ta'asshub tersebut tanpa dilandasi ilmu
- dan ini jelas tidak boleh.
Yang wajib adalah taat kepada Allah ﷻ dan Rasul-Nya. Allah ﷻ
berfirman :
{ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ اﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮا ﺃَﻃِﻴﻌُﻮا
اﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺃَﻃِﻴﻌُﻮا اﻟﺮَّﺳُﻮﻝَ}
“Wahai orang-orang beriman taatilah
Allah dan taatilah Rasul-Nya.”
Tidaklah Allah ﷻ
berfirman,
“Taati fulan atau fulan.”
Namun Allah ﷻ
membatasi ketaatan pada Allah ﷻ, Rasul-Nya, dan ulil
amri. Allah ﷻ berfirman,
{ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ اﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮا ﺃَﻃِﻴﻌُﻮا
اﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺃَﻃِﻴﻌُﻮا اﻟﺮَّﺳُﻮﻝَ ﻭَﺃُﻭﻟِﻲ اﻷَْﻣْﺮِ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﻓَﺈِﻥْ ﺗَﻨَﺎﺯَﻋْﺘُﻢْ ﻓِﻲ
ﺷَﻲْءٍ ﻓَﺮُﺩُّﻭﻩُ ﺇِﻟَﻰ اﻟﻠَّﻪِ ﻭَاﻟﺮَّﺳُﻮﻝِ}
“Wahai orang-orang beriman taatilah
Allah, taatilah Rasul-Nya, dan ulil amri kalian. Jika kalian berseteru pada
suatu perkara maka kembalikanlah (urusannya) kepada Allah dan Rasul-Nya.”
Yaitu jika kalian berselisih dengan ulil amri atau ulama
atau penguasa atau fulan dan fulan, ataupun engkau berseteru dengan anak-anakmu
atau gurumu atau pemimpinmu atau istrimu maka permasalahannya dikembalikan
kepada Allah ﷻ dan Rasul-Nya. Bukan
dikembalikan pada hawa nafsu ataupun pada pendapat Zaid atau Umar (fulan dari kalangan
manusia).
Permasalahannya haruslah dikembalikan pada Allah ﷻ dan Rasul-Nya shallallaahu 'alaihi
wasallam. Jika Ulil amri atau pemimpin memerintahmu dengan perintah yang
menyelisihi syariat Allah ﷻ maka tidak ada
ketaatan pada perintah itu, karena ketaatan hanya pada hal-hal yang baik (yang
halal atau yang tidak bertentangan dgn syariat).
📚 [Majmu' Fatawa Ibnu
Bazz]
《》《》《》《》
الإمام العلامة ابن باز رحمه الله
《 ﻛﻞ ﻭاﺣﺪ
ﻳﻨﻈﺮ ﻓﻲ ﻋﻤﻠﻪ ﻭﻻ ﻳﻘﻠﺪ ﻷﻥ اﻟﺘﻘﻠﻴﺪ ﺧﻄﺮ ﻭﻳﺤﺪﺙ اﻟﺘﻌﺼﺐ ﻭﻗﺪ ﻳﻜﻮﻥ ﻫﺬا اﻟﺘﻌﺼﺐ ﺑﻐﻴﺮ ﻋﻠﻢ ﻭﻫﺬا
ﻻ ﻳﺠﻮﺯ، ﻳﺠﺐ ﻃﺎﻋﺔ اﻟﻠﻪ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ ﻳﻘﻮﻝ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ: {ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ اﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮا ﺃَﻃِﻴﻌُﻮا
اﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺃَﻃِﻴﻌُﻮا اﻟﺮَّﺳُﻮﻝَ}
ﻣﺎ ﻗﺎﻝ: ﺃﻃﻴﻌﻮا ﻓﻼﻧﺎ ﻭﻻ ﻓﻼﻧﺎ، ﺑﻞ ﺣﺪﺩ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ
اﻟﻄﺎﻋﺔ ﻟﻠﻪ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ ﻭﻷﻭﻟﻲ اﻷﻣﺮ ﻓﻘﺎﻝ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ: {ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ اﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮا ﺃَﻃِﻴﻌُﻮا
اﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺃَﻃِﻴﻌُﻮا اﻟﺮَّﺳُﻮﻝَ ﻭَﺃُﻭﻟِﻲ اﻷَْﻣْﺮِ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﻓَﺈِﻥْ ﺗَﻨَﺎﺯَﻋْﺘُﻢْ ﻓِﻲ
ﺷَﻲْءٍ ﻓَﺮُﺩُّﻭﻩُ ﺇِﻟَﻰ اﻟﻠَّﻪِ ﻭَاﻟﺮَّﺳُﻮﻝِ} ﻳﻌﻨﻰ ﺇﺫا ﺗﻨﺎﺯﻋﺘﻢ ﻣﻊ ﺃﻭﻟﻲ اﻷﻣﺮ ﺃﻭ ﻣﻊ
اﻟﻌﻠﻤﺎء ﺃﻭ ﻣﻊ اﻷﻣﺮاء ﺃﻭ ﻣﻊ ﻓﻼﻥ ﻭﻓﻼﻥ ﺃﻭ ﻣﻊ ﺃﻭﻻﺩﻙ ﺃﻭ ﻣﻊ ﺷﻴﺨﻚ ﺃﻭ ﻣﻊ ﺃﻣﻴﺮﻙ ﺃﻭ ﻣﻊ ﺯﻭﺟﺘﻚ
ﻓﻴﺮﺩ اﻷﻣﺮ ﺇﻟﻰ اﻟﻠﻪ ﻭﺇﻟﻰ اﻟﺮﺳﻮﻝ. ﻓﻼ ﻳﺮﺩ اﻷﻣﺮ ﺇﻟﻰ اﻟﻬﻮﻯ ﻭﻻ ﻳﺮﺩ ﺇﻟﻰ ﺯﻳﺪ ﺃﻭ ﻋﻤﺮ ﻻ ﺑﺪ
ﺃﻥ ﺗﺮﺩ اﻷﻣﻮﺭ ﺇﻟﻰ اﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺇﻟﻰ ﺭﺳﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﺈﺫا ﺃﻣﺮﻙ ﺃﻭﻟﻲ اﻷﻣﺮ ﺃﻭ
اﻷﻣﻴﺮ ﺑﺄﻣﺮ ﻳﺨﺎﻟﻒ ﺷﺮﻉ اﻟﻠﻪ ﻓﻼ ﻃﺎﻋﺔ ﻟﻪ ﺇﻧﻤﺎ اﻟﻄﺎﻋﺔ ﻓﻲ اﻟﻤﻌﺮﻭﻑ 》
📚 مجموع فتاوى ابن باز