PONDOK PESANTREN ABU BAKR ASH-SHIDDIIQ AL ISLAMI

Pondok Pesantren Abu Bakr Ash-Shiddiiq Al-Islami
---upaya mentarbiyah umat menjadi muslim ta'at---

TAKLID BUTA
(MEMBEBEK PADA PRIBADI TERTENTU)
oleh Asy-Syaikh Robi' Bin Hadi Al-Madhkholy Hafizhahullah




Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata :

“Barangsiapa yang taklid/membebek pada pribadi tertentu, tiada lagi seorangpun pribadi yang sebanding dengannya dan hanya didasari semata mata karena hawa nafsu kemudian dia membelanya dengan tangan dan lisannya dalam keadaan dirinya tidak tahu bahwa orang yang dia taklidi itu benar atau salah, maka orang yang seperti ini termasuk ahlul jaahiliyyah.

Bagi seorang muqollid(orang yang taklid/mengikuti dengan kebodohan atau taklid buta itu) maka amalnya adalah salah meskipun orang yg dia ikuti/dia taklidi berada di atas kebenaran.
Jika yang dia ikuti itu salah maka muqollid (orang yang taklid dengan kebodohan/taklid buta) tersebut berdosa.”

Syaikh Al 'Allaamah Robi' memberikan keterangan tentang ucapan diatas
“Yakni walaupun sesorang yang dia ikuti itu di atas al haq namun muqollid tersebut mengikutinya tanpa hujjah (dalil) dan burhan (petunjuk) hanya semata -mata karena dia adalah fulan maka dia berdosa,
Apabila person yang dia ikuti di atas kebenaran maka wajib bagi setiap insan mengerjakannya lillah (karena allah). Dia  mencari al haq dan membahasnyaut kemudian menolong al haq serta menolong ahlul haq tersebut. Inilah  yang dituntut pada setiap mukmin.
Sungguh telah tersebar perpecahan dan banyaknya kelompok kelompok di jaman yang penuh dengan fitnah dan tersebarnya bencana/musibah, yang mana semua ini merupakan perkara yang berbahaya terhadap umat bagi urusan dunia dan akhirat mereka (Al Majmu' Jilid 1/431)

alih bahasa @admin ashshiddiiq

Sumber:
https://goo.gl/3P66Bx


Categories: ,