SYIRIK ADALAH DOSA YANG PALING BESAR
oleh Asy Syaikh 'Abdul 'Aziz bin Abdillah Alu Syaikh Hafizhahullah
Pertanyaan
Apakah
berdoa dan beristighosah kepada orang yang sudah mati/mayat serta
bernadzar dengan mayat tersebut atau selain itu merupakan kesyirikan yang
jelas dan nyata?
Jawaban
Ya, berdoa
kepada orang mati dan orang yang tidak hadir, serta beristighosah dengan mereka
merupakan syirik besar. Dan merupakan dosa yang tidak diampuni jika dia bertemu
dengan Alloh dalam keadaan demikian.
Allah berfirman
إِنَّ اللَّهَ لا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ افْتَرَى إِثْماً عَظِيماً
Sesungguhnya Allah tidak akan
mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari
(syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan
Allah, Maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. An Nisaa' ayat 48
dalam ayat lain
، (فَقَدْ ضَلَّ ضَلالاً بَعِيداً)
sungguh telah sesat dengan kesesatan yang jauh
(إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ)
sesungguhnya barang siapa yang berbuat syirik maka sungguh Allah telah mengharamkan surga baginya dan tempat kembalinya adalah neraka. Tidak ada penolong bagi orang-orang yang berbuat zholim
diterjemahkan oleh @admin ashshiddiiq
Berikut ini merupakan transkrip pertanyaan dan jawaban.
دعاء الاموات والاستغاثه بهم من الشرك الاكبر.
السؤال: وهل دعاء الأموات والاستغاثة بالأموات والنذر
لهم، ونحو ذلك من الجلي الواضح؟
الجواب: نعم دعاء الأموات والغائبين، والاستغاثة بهم، من
الشرك الأكبر، وهو الذنب الذي لا يُغفر لمن لقي الله به، قال الله - جلَّ
وعَلاَ-: (إِنَّ اللَّهَ
لا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ
وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ افْتَرَى إِثْماً عَظِيماً)، والآية الأخرى: (فَقَدْ ضَلَّ ضَلالاً بَعِيداً)، ويقول: (إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ
اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ
أَنصَارٍ).
Sumber
Categories:
Aqidah